Membangun Semangat dalam Kepramukaan Melalui Pengelolaan Ambalan



KENDAL - Dewan Kerja Cabang ( DKC ) Kendal kembali melaksanakan Program Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Kendal Tahun 2015 dengan mengumpulkan seluruh Pradana Putra dan Pradana Putri yang ada di Kabupaten Kendal pada kegiatan Diklat Pengelolaan Dewan Ambalan secara 2 ( dua ) hari berturut-turut Sabtu (21/3) s.d Minggu (22/3), Kegiatan yang bertempat di SMA Negeri 1 Pegandon ini diikuti 76 Orang Peserta yang terdiri dari 2 orang ditiap ambalan ( sekolah ), yang mana pada kegiatan ini peserta diberi pembinaan dengan cara Ceramah, Seminar, Diskusi, dan Outbond dilapangan bersama Delta Wite Games yang sengaja didatangkan DKC Kendal untuk mengisi Outbond.
          Selama berkegitan Peserta diberi materi yang diisi oleh Andalan Kwartir Cabang Kendal diantaranya yaitu Pola mekanisme dan Pengelolaan Penegak yang disampaikan oleh Irianto,S.Pd selaku Waka Binamuda setelah kegiatan dinyatakan dibuka oleh beliau, kemudian materi Tanda Pengenal Gerakan Pramuka dan Seragam oleh kak Qomariyah, S.Ag dilanjut Materi Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Penegak oleh  M. Sobri, S.Pd dari Ancu Binawasa serta Materi Adat Ambalan oleh Kak Kuncoro sapaan Drs. Kuncoro Pujiwarto, beliau ini jugalah yang memberi sambutan pada Malam Wisnu Martha di malamnya ada juga materi Administrasi Gugus Depan yang disampaikan oleh Kak Akhmad, S.Pd.

Terasa hangat suasana malam
          Diskusi malam bersama, memecahkan berbagai permasalahan dan dilema pada pada kegiatan latihan Pramuka di Ambalan masing-masing. Diskusi yang dipimpin langsung oleh Kak Suryo selaku Ketua DKC Kendal yang secara ex-offisio sebagai Andalan Cabang itu berlangsung dengan antusias dan aktif dari  para peserta. Penyampaian permasalahan dan pendapat untuk mengatasi masalah di ambalan selalu di lontarkan oleh para peserta. Malam yang penuh kebersamaan itu di tutup dengan kegiatan Malam Wisnu Martha yang membuat peserta bersuka-ria di tengah dinginnya malam. Penampilan yang mengesankan dan aksi kocak para peserta membuat suasana makin terasa hangat.
Akhir yang memberikan sensasi
          “Mantap, sing paling seneng pas senam yang dipimpin Kak Suryo (Ketua DKC) kekanan-kekanan kekiri........” ujar dari salah satu peserta disela istirahat sambil menyanyikan lirik lagu senam. Senam di pagi hari dan dilanjutkan Outbond bersama Delta Wite Games di pimin Kak Huda, berlangsung menyenangkan dan menguras tenaga. “ Capek tapi pingin lebih lama lagi outbond-nya” ujar Derila salah seorang peserta Outbond dari SMA Pondok Modern Selamat yang merasa kegirangan saat outbond bersama. Di sesi akhir kegiatan, Dewan Kerja Daerah (DKD) Jawa Tengah dengan materi Messenger Of Peace oleh Kak Ifana Safitri dan beliau mengakhirinya dengan peserta diajak flashmob Messenger of Peace bersama di Aula SMA N 1 Pegandon.
          Kegiatan yang bertema “Membangun Semangat dalam Kepramukaan Melalui Pengelolaan Ambalan” ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan pengelolaan, pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan Pramuka Penegak melalui Forum Pemaparan  serta mempertemukan Dewan Ambalan Pramuka Penegak seluruh Kabupaten Kendal guna saling bertukar pengalaman, mempererat tali persaudaraan dan menyamakan Pengelolaan Dewan Ambalan di Kabupaten Kendal.

1 komentar:

  1. Salam Pramuka... !!!

    Mohon dengan hormat kegiatan kepramukaan di tingkat cabang untuk diinformasikan ke pangkalan di daerah kendal atas (Pageruyung & sekitarnya) karena kami sering tidak mendapatkan informasi perihal kegiatan" kepramukaan di tingkat cabang...
    Terimakasih sebelumnya.... mari kita tingkatkan kegiatan kepramukaan untuk kemajuan bersama......

    BalasHapus